Bung Karno di Pengasingan

05Agu08

Jejak langkahku sampai di tempat pengasingan Ir.Soekarno Presiden pertama Republik Indonesia Di Bumi Propinsi Bengkulu yang indah dengan pantai panjang yang mengelilingi kota Bengkulu.
Bisa kulihat kebesaran Nama sang Proklamator (Ir. Soekarno dilahirkan di Surabaya, 6 Juni 1901) di pengasingan, Belanda ternyata tidak memenjarakan Ir.Soekarno muda seperti Tahanan Politik di masa Orde Baru.
banyak aku dapatkan Informasi dari Pak sejen PKB di bengkulu maaf aku lupa namanya yang mengantarkan dengan setia di tempat history Ir.Soekarno.
Banteng Marlborough (didirikan oleh East Indian Company pada tahun 1713-1719) adalah tempat pertama Ir.soekarno (Bung Karno) di tempatkan di bengkulu di salah satu sel penjara yang sempit, tempat pertama Bung karno menunggu untuk di pindahkan di rumah pengasingan.
sesampai di rumah pengasingan Bung Karno (Jalan Soekarno-Hatta Nomor 2 Kota Bengkulu) tidak kulihat bentuk penjara sama sekali yang ada adalah bangunan rumah bisa dengan model Bangunan Belanda yang mempunyai lima ruang di dalamnya dan dua teras, depan dan belakang.
Buku-buku bebahasa Indonesia, Belanda berjajar rapi di rak buku yang besar, tempat tidur besi, kursi kayu dan sepeda tua ada diruangan depan, itu menandakan Bung Karno di beri beberapa kebebasan di pengasingannya.
Bung Karno tidak tinggal diam di bumi bengkulu banyak aktifitas beliau di bidang politik, agama dan seni. salah satunya dia aktif dalam organisasi Muhammadiyah.
Masjid Jami (Jalan Soeprapto bengkulu) dan kantor Pekerjaan Umum di tengah kota bengkulu juga salah satu rancangan Arsitektur Bung Karno dalam renovasi pembangunannya.
Fatmawati (lahir 5 Februari 1923)adalah cinta kedua Bung Karno rumahnya tidak terlalu jauh dari rumah pengasingan Bung Karno Hanya beberapa Kilometer, mungkin dulu Bung karno hanya naik sepeda bila berkunjung ke rumah Ibu Fatmawati.
Rumah Ibu Fatmawati adalah rumah berbentuk panggung yang merupakan ciri bangunan arsitektur pribumi di pulau sumatera.
ada banyak foto-foto Bung Karno, Ibu Fatmawati dan keluarga besarnya.
Bung karno adalah Politikus sejati di bengkulu dia tidak pernah ketinggalan berita perjuangan pemuda bangsa di tanah jawa banyak teman dekatnya berkunjung ke tempat pengasingan.
di tempat pengasingan inilah banyak ide dan pemikiran Bung Karno ketika akan memimpin Bangsa ini.
dan tepat sepuluh hari aku meninggalkan bengkulu dari bandar udara Fatmawati Soekarno dan menuju bandar udara Soekarno Hatta…suatu hal yang kebetulan



No Responses Yet to “Bung Karno di Pengasingan”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: